Senin, 24 April 2017

Cara Konfigurasi PHP-FM+NGINX


Cara Konfigurasi PHP-FM+NGINX

Hai , balik lagi sama saya di blog skyblues2 , kali ini saya akan sharing tentang cara konfigurasi dari PHP-FM+Nginx pada centos 7 ,apa itu PHP-FPM ? (PHP- FastCGI Proccess Manager) , adalah penerapan PHP alternatif yang fiturnya lebih banyak dibandingkan PHP biasa. Kali ini saya akan konfigurasi PHP-FPM pada web server Nginx , Oke langsung saja , berikut ini merupakan topologinya :


gambar1(PHP-FPM-SB2-DL)

Oke langsung saja kita mulai konfigurasinya ...


1. Install PHP-Mbstring dan php-pear

Langkah pertama adalah menginstall php-mbstring dan php-pear dari repo epel , tapi sebelum itu , agan harus menginstall repo epel agan dulu , caranya agan bisa lihat di postingan ini : Konfigurasi Log-analyzer pada Centos 7 . Oke berikut ini adalah perintah untuk menginstall php-mbstring dan php-pear :

yum --enablerepo=epel -y install php-mbstring php-pear

gambar2(PHP-FPM-SB2-DL)

Yak , disitu sudah selesai proses installasinya ...


2. Tambahkan Repository

Langkah selanjutnya adalah menambahkan repository remi untuk php-fpm , setiap paket memiliki base repository yang berbeda , jadi jika kita ingin menginstall paket yang tidak ada dalam lokal repo kita , kita harus menambahkan repository lain yang didalamnya terdapat paket yang akan kita install. untuk menambah repository remi caranya adalah dengan mengetikkan perintah : 

yum install -y http://rpms.remirepo.net/enterprise/remi-release-7.rpm

gambar3(PHP-FPM-SB2-DL)

 3. Install PHP-FPM

Selanjutnya kita akan menginstall php-fpm dengan repo remi yang sudah kita tambahkan tadi , caranya adalah dengan mengetikkan perintah sebagai berikut :

yum --enablerepo=remi -y install php-fpm

gambar4(PHP-FPM-SB2-DL)

4. Edit User dan Group

Kemudian kita akan mengedit user dan groupnya pada file konfigurasi php-fpmya yang terletak di direktori /etc/php-fpm.d dengan file bernama www.conf , untuk mengeditnya ketikkan perintah :
nano /etc/php-fpm.d/www.conf

gambar5(PHP-FPM-SB2-DLL)

Nah disini kita akan mengedit user dan groupnya , ganti user dan groupnya menjadi 'nginx' ( lihat syntax berwarna biru pada gambar ) , kemudian jika sudah selesai mengeditnya , save dan close file konfigurasi tersebut. Selanjutnya adalah start dan enable service dari php-fpm agan. Caranya dengan mengetikkan perintah :

systemctl start php-fpm
systemctl enable php-fpm

gambar6(PHP-FPM-SB2-DL)


5.  Edit file vhost

Langkah selanjutnya adalah mengedit file vhost ( jika agan punya ) , disini file vhost saya berada di direktori /etc/nginx/conf.d dengan file bernama vhost.conf , untuk mengeditnya ketikkan perintah :

nano /etc/nginx/conf.d/nama_file_vhost

gambar7(PHP-FPM-SB2-DL)

Mengedit file vhost ini gunanya adalah agar nginx dapat membaca lokasi dan script dari php-fpm agan... setelah itu restart nginx agan , caranya dengan mengetikkan perintah :

systemctl restart nginx

gambar8(PHP-FPM-SB2-DL)
  
6. Menambahkan php info

Sekarang kita akan menambahkan file info.php ke dalam direktori html dari nginx , caranya adalah dengan menegetikkan perintah :

echo "<?php phpinfo() ?>" > /usr/share/nginx/html/info.php

gambar9(PHP-FPM-SB2-DL) 

7. Verifikasi

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan verifikasi , yaitu pengujian melalui pengaksesan web , caranya ketikkan domain agan diikuti dengan /info.php pada URL Bar di browser , contohnya disini saya www.dhika.id/info.php


gambar10(PHP-FPM-SB2-DL)

Yak cukup sampai disini pertemuan kita pada postingan kali ini , sampai jumpa di next post...
Dhika Mahendra Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar