Rabu, 31 Agustus 2016

Remote Desktop menggunakan TeamViewer via Android


Remote Desktop menggunakan TeamViewer via Android





Hai kawan kawan , kembali lagi bersama saya , kali ini saya akan membahas tentang materi Remote Desktop ,apa itu remote desktop ? remote desktop
adalah salah satu fitur yang mengizinkan penggunanya untuk terkoneksi ke sebuah mesin jarak jauh seolah-olah mereka duduk di depan mesin yang bersangkutan. 

Kali ini saya akan menggunakan Aplikasi bernama Team Viewer , sepertinya tidak asing lagi ditelinga agan semua , tapi jika ini masih asing , mari saya beritahu tentang aplikasi teamviewer , aplikasi team viewer adalah software yang bisa digunakan secara gratis untuk penggunaan personal/non-comercial-use. Teamviewer dapat digunakan untuk mengakses PC secara jarak jauh selama ada jaringan yang menghubungkannya misalnya Internet. Ada 3 jenis Teamviewer yang tersedia yaitu versi Installer, versi portable dan versi web base.

Apa fungsi Teamviewer ?

Teamviewer memiliki 4 fungsi utama yaitu : Remote Support (artinya anda dapat mengakses PC lain secara remote (anda sebagai pengendali) dan dapat melihat layar PC yang sedang anda remote), Presentation(Ini kebalikan dari remote support, artinya setelah terjadi hubungan antar 2 komputer maka komputer yang melakukan koneksi (awal) akan menampilkan layar monitornya di PC lain yang di akses), File Transfer, dan VPN.
dimana tempat mendownload Team Viewer ? Team Viewer versi PC bisa didapatkan di website resminya yaitu : https://www.teamviewer.com/
sedangkan untuk versi mobile android , bisa diunduh di playstore
Oke , daripada banyak membuang waktu , mari kita mulai saja konfigurasinya..

1. Komputer / Mobile anda harus terhubung internet

 

ya , langkah pertama adalah menghubungkan PC atau perangkat mobile anda ke internet , kenapa ? karena teamviewer membutuhkan ID untuk mengkoneksikan perangkat Android agan dengan PC.


2. Pilih metode penginstalan

 

gambar1(TV-SB2-DL)


Pilih metode penginstallan teamviewer , pilih tipe basic instalation , karena kita akan menginstall versi biasa , dan untuk siapa teamviewer digunakan , karena kali ini saya akan memilih Personal/Non-commercial use , karena saya akan menggunakan untuk diri sendiri.



3. Tampilan Awal teamviewer


gambar2(TV-SB2-DL)


Berikut ini adalah tampilan awal dari Team Viewer, ya terlihat disana your ID dan Password kosong ... kenapa kosong ? karena belum ada orang yang tepat untuk mengisinya :v eh bukan... karena Teamviewer / PC kalian belum terhubung ke internet ,



4. Tampilan Teamviewer jika sudah terhubung ke internet


gambar3(TV-SB2-DL)


Nah ini merupakan tampilan TeamViewer jika sudah terhubung ke internet , ID dan Password akan muncul secara otomatis... Pada nantinya ID dan Password akan digunakan untuk mengakses PC ini dari perangkat android agan..


5. Hubungkan Android dengan PC


gambar4(TV-SB2-DL)


Langkah selanjutnya adalah menghubungkan perangkat android anda dengan PC , Caranya gimana ? caranya adalah dengan memasukkan User ID pada PC yang kalian sudah konfigurasi tadi , setelah itu tekan tombol Remote Control..


6. Masukkan Password

 

gambar5(TV-SB2-DL)






Masukkan password yang berada pada server ( Pada PC agan ) , kemudian klik Oke...


7. Tampilan Remote

 

gambar6(TV-SB2-DL)

Yak , ini merupakan tampilan windows 10 yang berada di Android agan , selamat anda berhasil meremote desktop , ya sekalian post dari saya , kurang lebihnya mohon maaf , semoga bermanfaat
Dhika Mahendra Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar