Sabtu, 23 Januari 2016

Macam Macam Bentuk Pemerintahan


Macam Macam Bentuk Pemerintahan

Hai sobat blogger .. lanjut lagi kita ke-post yang lainnya .. masih tentang politik , mungkin .. :v sebab ane gak ngerti politik...

Kali ini ane mau ngebahas tentang Macam Macam Bentuk Pemerintahan yang ada di dunia ini .. kecuali alam ghaib , ane gak tau tuh :v oke langsung saja kita bahas ..

1. Pengertian Bentuk Pemerintahan

Bentuk pemerintahan adalah suatu istilah yang digunakan untuk merujuk pada rangkaian institusi politik yang digunakan untuk mengorganisasikan suatu negara guna menegakkan kekuasaannya atas suatu komunitas Politik.

2. Beberapa bentuk pemerintahan di dunia :

A. Aristokrasi

dalam bahasa Yunani : Aristo yang berarti terbaik dan kratia yang berarti untuk memimpin. Dari namanya kita tahu bahwa Aristokrasi adalah sistem pemerintahan yang dipimpin oleh individu terbaik.

B. Oligarki

Bentuk pemerintahan yang kekuasaan politiknya secara efektif dipegang oleh kelompok elit kecil dari masyarakat.

C. Demokrasi

ini adalah bentuk pemerintahan yang dianut oleh negara kita yaitu Indonesia. Bentuk pemerintahan ini tujuannya adalah untuk upaya mewujudkan kedaulatan rakyat atas negara untuk dijalankan oleh pemerintah negara. Adanya pilar Trias Politica (legislatif , yudikatif , eksekutif). [baca juga :Trias Politica]

D. Otokrasi

(dalam bahasa yunani : Autokrator = Berkuasa Sendiri ).

E. Monarki

Sebuah dukungan terhadap pendirian , pemeliharaan , atau pengembalian sistem kerajaan sebagai sebuah bentuk pemerintahan dalam sebuah negara.
F. Emirat

Adalah sebuah wilayah yang dipimpin oleh seorang Emir (contohnya : Uni Emirat Arab).

G. Plutokrasi

Adalah sistem pemerintahan yang mengacu pada suatu kekuasaan atas dasar kekayaan yang mereka miliki.

H. Republik

Negara republik pada dasarnya adalah negara yang pemerintahannya bercabang dari rakyat bukan dari prinsip keturunan bangsawan. Istilah ini berasal dari bahasa latin , Res Publica , yang artinya kerajaan dimiliki serta dikawal oleh rakyat. Biasanya , kepala negara pada bentuk pemerintahan republik dipimpin oleh seorang presiden.

Oke cukup itu saja , sampai jumpa dipertemuan berikutnya ....
Salam 3 stripes and red stars..
Dhika Mahendra Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar