Minggu, 17 Januari 2016

Kabel UTP ( Cross & Straight )


Kabel UTP ( Cross & Straight )

Semangat pagi ....! :v Oke mudah mudahan semuanya masih semangat ya .. :v
Oke para anak muda , bapak , ibu , kakek , nenek , eyang ataupun yang sudah tidak ada , langsung saja kita ke pembahasan hari ini :v hari ini saya akan membahas tentang Kabel UTP (edisi Cross dan Straight ).

Kebetulan ini merupakan kabel yang legendaris di TKJ :v , bagi agan agan yang  belum tau kabel UTP itu apa , langsung saja saya jelaskan ..

Kabel UTP kepanjangan dari Unshielded Twisted Pair  (asik kan sok inggris :v ) adalah kabel sebagai media transmisi dalam jaringan Local Area Network atau LAN. Kabel UTP termasuk kabel yang tidak memiliki pelindung dan memiliki rangkaian kabel yang saling terikat satu sama lain. Keberadaan kabel UTP membuat antar jaringan komputer dapat terhubung melalui LAN.  Secara umum, kabel UTP terdiri dari delapan bagian, Empat buah kabel UTP terikat menjadi satu dan sepasang kabel UTP lainnya dihubungkan untuk menerima dan mengirim antar jaringan komputer. Maka dari itu kabel UTP sangat berguna untuk LAN.


Kabel UTP mempunyai 2 aturan penyusunan , yaitu Straight dan Cross ,
Yang pertama , kabel UTP yang aturan penyusunanya Straight aturan penyusunannya adalah ujung satu dengan ujung lain harus menggunakan spesifikasi yang sama (bagi yang bingung , maksudnya dengan urutan warna yang sama antara ujung satu ke ujung lainnya gan..). Tipe kabel UTP Straight Through Cable biasa digunakan untuk menghubungkan antara switch dan router, PC dan HUB, PC dan switch.

Sedangkan untuk tipe kabel UTP Cross Over Cable, aturan penyusunannya adalah ujung yang satu dengan ujung lain harus menggunakan spesifikasi yang berbeda. (maksudnya dengan urutan warna yang berbeda antara ujung satu dengan ujung lainnya) Tipe kabel UTP Cross Over Cable biasa digunakan untuk menghubungkan antara router dan router, PC dan PC, HUB dan HUB, switch dan switch.

Fungsi kabel UTP yang saya ketahui baru 2(selain yang diatas) , mungkin ada lagi lainnya yang belum saya ketahui..
inilah fungsi kabel UTP yang saya ketahui..

Sebagai Media Transmisi LAN

Kabel UTP memiliki fungsi sebagai kabel media transmisi LAN. Tanpa kabel UTP, jaringan LAN pada komputer tidak mampu terhubung dengan optimal. Kabel UTP membantu komputer untuk menyalurkan data dengan lebih mudah.

 Sebagai  kabel dengan kecepatan Transfer Tercepat

Kabel UTP memiliki fungsi sebagai kabel yang mampu melakukan transfer tercepat. Dalam sebuah perusahaan atau perkantoran yang memang memerlukan keberadaan komputer dalam jumlah banyak, kabel UTP sangat berguna. Kabel UTP sebagai kabel penghubung antara komputer yang satu dengan komputer yang lain memang terbilang efisien dan praktis gan.... Ketika di sebuah perusahaan atau perkantoran memerlukan data dari beberapa komputer, maka kabel UTP akan mempermudah pekerjaan melalui hubungan media transmisi LAN. Beberapa perusahaan atau perkantoran juga lebih memilih menggunakan kabel UTP karena fungsinya yang efektif dan efisien sebagai penyalur dan penerima data, terlebih kabel UTP harganya yaa terbilang murah gan.. sehingga lebih dipilih untuk kabel penghubung LAN. 
  
Inilah urutan kabel Straight dan CrossOver


1. Straight

    • Orange Putih
    • Orange
    • Hijau Putih
    • Biru
    • Biru Putih
    • Hijau
    • Coklat Putih
    • Coklat
(diujung Kabel A dan B urutannya Harus sama)



 2. CrossOver

 
A. Ujung A ( Wajib :Urutan no 1 di straight ke no 3 dan urutan 2 di straight ke no 6)

1. Hijau Putih
2. Hijau
3. Orange Putih
4. Biru
5. Biru Putih
6. Orange
7. Coklat Putih
8. Coklat

B. Ujung B ( Sama seperti urutan straight )

1. Orange Putih
2. Orange
3. Hijau Putih
4. Biru
5. Biru Putih
6. Hijau
7. Coklat Putih
8. Coklat
Mungkin itu saja yang dapat sampaikan , mudah mudahan bermanfaat walau singkat.
 Salam 3 stripes and red stars.
Dhika Mahendra Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

2 komentar :