Kamis, 21 Januari 2016

Tipe Data dan Operator dalam Bahasa Pemrograman


Tipe Data & Operator

Halo sobat bluesses ... kali ini saya baru bisa posting lagi nih .. kali ini saya akan memosting tentang tipe data dan operator.

Data memiliki tipe yang berbeda‐beda dan biasanya data dikelompokkan pada kelompok yang sejenis agar tidak terjadi operasi matematika diantara data yang berbeda jenis tersebut, (biar gak bentrok mungkin) begitu juga dalam suatu program, setiap nilai harus dikelompokkan pada jenis‐jenis tertentu yang disebut dengan tipe data. 
Bagi yang belum mengetahui tipe data itu apa , oke saya akan jelaskan..

A. Pengertian Tipe Data

Tipe data adalah sejenis nilai yang tersimpan dalam variable, bisa karakter (Huruf), Numeric (Number) ataupun date (tanggal). Tipe data diperlukan agar program dapat langsung mengenal jenis data yang tersimpan pada variable.

B. Jenis - Jenis Tipe Data

Jenis - jenis tipe data adalah sebagai berikut :
  • Tipe Data Numerik 
  • Tipe Data Teks 
  • Tipe Data Boolean 
  • Tipe Data Date 
  • Tipe Data Object 
  • Tipe Data Variant
  • Tipe Bentukan 


  1. TIPE DATA NUMERIK Antara lain integer, long, single, double, byte. Integer dan long digunakan untuk menyimpan bilangan bulat. Sedangkan single dan double digunakan untuk menyimpan bilangan desimal/real, yang memiliki angka di belakang koma. 

  2. TIPE DATA TEKS Nama, alamat dan lain-lain adalah contoh data teks yang sering kita gunakan dalam program komputer. Kumpulan huruf (boleh kosong) yang dianggap sebagai satu kesatuan itu disebut String. Tipe Data Jumlah Alokasi Memori Jangkauan Nilai Char 2 bytes 0 sampai 65535 String Tergantung pada implementasi platform 0 sampai kira-kira 2 miliar karakter Unicode.

  3. TIPE DATA BOOLEAN  Tipe ini digunakan untuk menyimpan suatu informasi yang hanya memiliki dua kemungkinan nilai yaitu true atau false. Tipe Data Jumlah Alokasi Memori Jangkauan Nilai Boolean Tergantung pada implementasi platform True atau False.

  4. TIPE DATA DATE  Digunakan untuk menyimpan informasi bertipe tanggal dan jam. Tipe Data Jumlah Alokasi Memori Jangkauan Nilai Date 8 bytes 0:00:00 January 1, 0001 sampai 11:59:59 PM December 31, 9999.

  5. TIPE DATA OBJECT Variabel Tipe Object dapat dipakai untuk menggantikan objek- objek control. Misalnya Form dengan nama form1 dan tombol dengan nama commandbutton1 Contoh : Dim Tombol As CommandButton, Halaman As Form Set Tombol=commandbutton1 Set lembar=Form1 Tombol.caption=”Stop” Halaman.caption=”Latihan” Catatan: pada baris program di atas, variabel tombol dan lembar dapat dipakai sebagai pengganti object.

  6. TIPE DATA VARIANT  Tipe ini digunakan untuk menyimpan semua jenis tipe data lain. Namun kerugiannya adalah tipe data ini boros memori. Tipe Data Jumlah Alokasi Memori Jangkauan Nilai Varian (diisi angka) 16 bytesSembarang nilai sampai Double String (diisi huruf) Panjang teks ditambah 22 byte Sama seperti String Dinamis.

  7. TIPE DATA BENTUKAN , terdiri dari LIST , RECORD , STACK , FILE , TREE , dll. 


 C. Operator

Setelah selesai dengan tipe data , kita lanjut ke opeator ... apa itu operator ?
Operator itu adalah orang yang biasanya melayani salah satu provider jaringan . Bukan .....!!!!
bukan itu yang kita bahas sekarang :v
Operator adalah simbol yang berfungsi untuk mengoperasikan satu atau dua operand. Operand adalah sesuatu yang dioperasikan. (mungkin itu saja).

D. Jenis - Jenis Operator

Operator juga ada jenisnya kawan , bukan jenis providernya :v , tapi jenis simbol pengoperasiannya. Oke berikut ini merupakan jenis operator.

(Keterangan : Operator adalah simbolnya sedangkan Operation adalah penjelasannya.)
  • OPERATOR BINER ARITMATIK


OPERATOROPERATION
+Additional
-Substraction
*Multipication
/Division
divIntegrer Division
modRemainder


  • OPERATOR STRING



OPERATOROPERATION
+Concatenation


  • OPERATOR SET



OPERATOROPERATION
+Union
-Difference
*Intersection


  • OPERATOR BOOLEAN



OPERATOROPERATION
Notnegation
AndLogical end
OrLogical or
XorLogical xor


  • OPERATOR LOGIKA



OPERATOROPERATION
NotAdditional
AndSubstraction
XorMultipication
ShlDivision
ShrIntegrer Division


  • OPERATOR RELASIONAL



OPERATOROPERATION
=Equal
<> Not Equal
< Less than
> Grather than
< =Less or equal
> =Greater or equal
<=Subset of
>=Superset of
InMember of


Sekian dari saya , apabila ada kesalahan materi tolong komentar dibawah .. Saya akhiri ..
Salam 3 stripes and red stars...
Dhika Mahendra Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

3 komentar :