Sabtu, 01 April 2017

Konfigurasi Basic Authentication Web CentOS7


Konfigurasi Basic Authentication Web CentOS7

Hai balik lagi bersama saya di blog yang masih sama yaitu skyblues2, kali ini saya akan sharing tentang cara membuat basic authentication pada web server yang agan buat , materi ini adalah materi lanjutan dari materi sebelumnya yaitu tentang https , disini kita akan membuat web agan agar bisa diakses oleh user yang memiliki hak ( username da password ) untuk mengaksesnya. Oke berikut ini adalah topologinya :



gambar1(BA-SB2-DL)


Kita mulai saja konfigurasinya ,

 

1. Buat file konfigurasi auth_basic

pertama kita buat dulu file konfigurasi untuk user authenticationya , disini saya membuat nya pada direktori /etc/httpd/conf.d/ dan filenya bernama auth_basic.conf. Caranya adalah dengan mengetikkan perintah sebagai berikut :


nano /etc/httpd/conf.d/auth_basic.conf

gambar2(BA-SB2-DL)

Kemudian isikan filenya sama seperti gambar diatas ....oh iya isikan alamat direktorinya sesuai dengan tempat agan menaruh source webnya


2.  Buat user dan password auth_basic

Langkah selanjutnya adalah membuat user dan password untuk auth_basic , user ini hanya digunakan untuk authentication pada web , jadi user ini tidak termasuk user dari si server. cara membuatnya adalah dengan mengetikkan perintah sebagai berikut :

htpasswd -c /etc/httpd/conf/.htpasswd nama_user

kemudian akan dimintai password , isikan passwordnya minimal 4 karakter


gambar3(BA-SB2-DL)


3. Edit file html

Langkah selanjutnya adalah mengedit file htmlnya , disini source dari html saya ada di direktori /var/www/war.net/public_html dengan nama file index.html .jadi beginilah commandnya : 

nano /var/www/war.net/public_html/index.html


gambar4(BA-SB2-DL)

Edit dan sesuaikan dengan kebutuhan agan , jika sudah jangan lupa save dan close file konfigurasinya. setelah itu restart httpdnya dengan cara mengetikkan command :

systemctl restart httpd

gambar5(BA-SB2-DL)


4.  Verifikasi

Langkah terakhir adalah pengujian / verifikasi ,caranya adalah mengakses web yang sudah agan konfigurasi , disini saya mengakses www.war.net


gambar6(BA-SB2-DL)

Nah disitu ada menu popup untuk mengakses web tersebut  , masukkan username dan passwordnya sesuai dengan yang sudah agan buat . Setelah itu baru muncul tampilan webnya.
 

gambar7(BA-SB2-DL)
  
Oke sekian , itu saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini , sampai jumpa di next posts..
 
Dhika Mahendra Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar