Senin, 27 Maret 2017

Cara Backup dan Restore pada MikroTik


Cara Backup dan Restore pada MikroTik


Balik lagi bersama saya di blog skyblues2 , kali ini kita akan membahas materi lanjutan pada postingan sebelumnya , sekarang saya akan menjelaskan tentang cara backup dan restore pada mikrotik. Backup pada mikrotik diartikan sebagai membuat salinan konfigurasi agar saat dibutuhkan dan ternyata konfigurasi utama itu tidak ada maka kita bisa menggunakan salinannya. Sedangkan Restore pada mikrotik adalah mengembalikan konfigurasi lama yang sudah disalin kedalam RB tersebut.



Oke jika sudah jelas , kita langsung mulai saja konfigurasinya.

A. Backup

1. CLI

kali ini kita akan melakukan backup melalui terminal yang sudah ada pada menu winbox. Lalu ketikkan perintah :

system backup save

gambar1(BR-SB2-DL)

Nah , proses backup pun selesai dilakukan . Lalu lihat file backup tersebut apakah sudah ada atau belum ,caranya dengan menggunakan perintah :

file pr

gambar2(BR-SB2-DL)

Dan yak foldernya sudah terbuat , oke langkah selanjutnya dengan menggunakan GUI


2. GUI

Remote kembali mikrotik agan dengan menggunakan winbox , lalu pilih menu files pada winbox , kemudian pilih menu backup. untuk lebih jelasnya , lihat gambar dibawah ini :


gambar3(BR-SB2-DL)

Oke , setelah menu itu dipilih maka akan keluar popup untuk menamai file backup tersebut dan juga memberikan password pada file backup tersebut. Tampilannya seperti dibawah ini :


gambar4(BR-SB2-DL)
 
Nah jika sudah dinamai , klik backup , kemudian file akan terbackup secara otomatis. Nah untuk menjaga file backup tersebut , agan bisa pindahkan file tersebut sesuka agan , tapi untuk awal , agan bisa memindahkannya ke desktop terlebih dahulu , caranya adalah dengan menggunakan drag and drop.


gambar5(BR-SB2-DL)

Nah setelah itu , baru agan bisa tempatkan dimana saja file backup tersebut. Jika sudah , mari kita berlanjut ke bagian restore.


B. Restore

1. CLI

Oke untuk backup melalui CLI / terminal , caranya sangat mudah , hanya dengan mengetikkan perintah sebagai berikut :

system backup load name=nama_file_backup

gambar6(BR-SB2-DL)

Setelah mengetikkan perintah tersebut , kemudian masukkan password ( jika ada ) , lalu jika ada option Restore and Reboot , pilih saja y. kemudian system akan merestore lalu mulai mereboot RB agan.


2. GUI

Langkah selanjutnya adalah merestore dengan cara GUI. Tentunya cara ini lebih mudah yaitu dengan menggunakan menu pada winbox Files->Restore.


gambar7(BR-SB2-DL)

Secara otomatis file agan akan terestore , oke cukup sampai disini saja pertemuan pada tutor ini , sampai berjumpa di next post... 
Dhika Mahendra Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar