Senin, 08 Agustus 2016

Cara Mengubah WINDOWS SERVER 2012 R2 dari CORE ke GUI


Cara Mengubah WINDOWS SERVER 2012 R2 dari CORE ke GUI


Hai kembali bersama saya , beberapa menit yang lalu saya post tentang perbedaan 4 metode penginstalan windows server 2012 R2 , ya karena saya dikejar deadline ,  maka rentang waktu saya posting sangat cepat sekali....

oke daripada lama lama saya ngetik karena saya juga dikejar deadline maka lanjut saja ke tutor nya gan .......

CARA MENGUBAH CORE KE GUI


1. Buat folder mount drive

A. MASUK KE DRIVE C

gambar1(CG-SB2-DL)
Pertama masuk dulu ke drive c terlebih dahulu .....karena kita akan mengkonfigurasi di direktori tersebut ,  caranya dengan mengetikkan command cd c://

B. BUAT FOLDER MOUNT DRIVE C

gambar2(CG-SB2-DL)
Kedua buatlah folder untuk mounting cd Windows Server 2012 R2 , fungsi mounting adalah membaca file instalasi dalam cd Windows Server 2012 R2 , tersebut dengan menggunakan perintah  mkdir c:\mountdir , Karena saya disini sudah ada filenya jadi , keterangannya 'directory already exist' ...


berikut adalah bukti dari file untuk mounting tersebut :


gambar2.1(CG-SB2-DL)

2. mencari server core untuk masuk ke GUI

gambar3.1(CG-SB2-DL)


gambar3.2(CG-SB2-DL)
langkah selanjutnya adalah mencari index untuk penginstalan mode gui dari mode core ... dengan perintah Dism /get-wiminfo /wimfile:D:\install.wim lalu pilih metode penginstalan no.2 yaitu Windows Server R2 Standard GUI

3. Coba metode index ke 2 dan mounting

gambar4(CG-SB2-DL)
Proses mounting pun dimulai .... proses ini akan berjalan sendirinya ...tunggu proses mounting sampai selesai

4. Menjalankan perintah powershell

gambar5(CG-SB2-DL)
masuk ke mode powershell dengan command : "powershell" tanpa kutip..


5. Aktifkan fitur Windows

gambar6(CG-SB2-DL)
Aktifkan fitur windows dengan command : Install-WindowsFeature Server-Gui-Mgmt-Infra,Server-Gui-Shell -Restart -Source C:\mountdir\windows\winsxs

6. Proses Selesai

gambar7(CG-SB2-DL)
Komputer pun akan me-restart sendiri ... lalu kita akan masuk ke mode GUI
berikut adalah screenshotnya :

gambar8(CG-SB2-DL)
Oke seperti itulah kira kira cara mengubah core ke gui pada windows server 2012 r2 , tunggu post selanjutnya tentang pengubahan sebaliknya yaitu dari
GUI ke core ... bay bay :v
Sekian itu saja yang bisa saya posting sekarang ,.... semoga bermanfaat bagi kalian semua ....

Salam 3 stripes and red stars !!!!
Dhika Mahendra Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar